Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Di Laptop Dan Smartphone

by

Istilah dari kata “video conference” pastinya sudah tidak terdengar asing lagi di telingamu. Ya, sekarang ini, berbagai instansi yang terpaksa harus melakukan kegiatan mereka dari rumah yang sangat seringkali memakai video conference Buat tetap terhubung dengan seorang rekan ataupun anggota lain. Telah terdapat berbagai jenis media yang di pakai buat melaksanakan meeting atau video conference, Zoom Meeting ialah salah satunya.

Mungkin Anda telah mulai merasakan jika Work from Home alias WFH tak lagi menjadi sebuah kebiasaan, melainkan telah menjadi sebuah budaya bagi mereka yang memang cukup beruntung bisa mendapatkan sebuah kesempatan ini. Meskipun tak semua orang bisa merasakan WFH akibat adanya dampak COVID-19, tetapi setidaknya sejak 12 April 2020 telahh lebih dari 3,7 ribu berbagai perusahaan di Ibukota telah ikut menerapkan WFH.

Jadi, apa sih Zoom Meeting yang sangat sering di pakai oleh berbagai perusahaan agar bisa tetap memonitor karyawan mereka ketika sedang melakukan WFH? Simaklah Cara memakai aplikasi zoom meeting ini beserta cara menjaga keamanan ketika sedang memakai aplikasi zoom meeting berikut ini yang kami kutip dari situs pasca-uinsuska.id.

Apa Itu Aplikasi Zoom ?

Zoom Merupakan sebuah aplikasi yang telah di ciptakan oleh miliarder, Eric Yuan, yang di rilis pada bulan Januari 2013. Selain menjadi aplikasi, Zoom juga akan bisa di akses lewat website, baik buat versi OS Mac, Windows, Linux, iOS, serta Android. saat anda mendaftarkan diri, anda tentunya akan berada di jenis akun Basic yang mempunyai beberapa keuntungan, seperti berikut:

  • Bisa melakukan meeting sampai 100 partisipan.
  • Gratis 40 menit video conference buat melakukan rapat kelompok, anda dapat mengulang lagi apabila durasinya telah habis.
  • Kualitas pada suara dan gambar HD.
  • Screen-sharing.
  • Akses ke sebuah virtual background
  • Menjadwalkan sampai merekam keseluruhan meeting anda.
  • Membagi partisipan menjadi beberapa jenis “ruangan” dengan memakai fitur Breakout Rooms.

Jika anda sedang membutuhkan ruang rapat virtual buat lebih dari 40 menit atau lebih dari 100 partisipan, maka anda akan bisa memakai akun Pro, Business, atau Enterprise dengan memiliki harga yamg di mulai dari US$14,99 atau sekitaran Rp200 ribuan per bulannya.

Baca Juga :   Cara Sadap HP iPhone Dengan Menggunakan mSpy Tanpa Jailbreak

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Ada lagi cara yang paling gampang dan paling enak buat bisa memakai layanan video dari aplikasi Zoom ialah melalui browser PC. Segera buka apk browser pilihanmu lalu kunjungi website dari Zoom.

lalu, sama halnya seperti saat anda sedang memakai k Gmail, Twitter, Facebook, dan lain-lain buat pertama kalinya, anda perlu membuat akun Zoom terlebih dahulu. Sesudah membuat akun, langsung saja login lalu klik ‘My Account’ buat bisa melihat akunmu secara detail.

Cara Daftar Zoom di Laptop Dan Smartphone

Sebelum kita mengulas cara memakai fitur-fitur Zoom, kita perlu membahas terlebih dahulu beberapa langkah buat mendaftarkan akun di aplikasi tersebut.

Langkah-langkahnya tidak sulit. Di jamin setelah anda mendaftarkan akun anda akan langsung bisa memakai fitur dari aplikasi Zoom semaksimal mungkin.

  • Langkah pertama, kanda perlu mengakses terlebih dahulu laman pendaftaran akun Zoom. Setelah itu, segera buat akunmu dengan mengklik opsi “Sign Up“.
  • sesudah melakukan registrasi, langsung saja masuk ke laman utama aplikasi Zoom dan klik opsi “My Profile“.
  • Nantinya, akan langsung muncul data Personal Meeting ID yang dapat langsung anda pergunakan  buat mengundang partisipan ke sebuah video conference.

Gampang sekali bukan? Akan tetapi, janganlah anda lupa buat masukkan nama dengan secara benar. Dengan itu, rekan kerja anda akan menanggapi undangan meeting-mu dengan secara serius.

Cara Join Instant Meeting

Sesudah membahas beberapa langkah-langkah pendaftarannya, kini waktunya anda bisa mengetahui bagaimana cara memakai aplikasi Zoom, khususnya anda harus mengetahui fitur instant meeting. Mengapa seperti itu? Pasalnya, fitur tersebutlah yang memang sering di pergunakan buat berbagai keperluan sebuah kegiatan meeting virtual.

Nah, Supaya anda dapat bergabung ke dalam instant meeting Zoom, anda harus men-download aplikasinya tersebut terlebih dahulu di sini.

Ssesudah men-downloadnya , simaklah beberapa cara memakai instant meeting aplikasi Zoom di berikut ini:

1. Buka Aplikasi Zoom

Langkah pertama buat bisa memakai instant meeting Zoom ialah dengan cara membuka aplikasinya terlebih dahulu di desktop maupun handphone.

2. Join Meeting

Langkah selanjutnya ialah dengan memilih opsinya dengan secara langsung.

Baca Juga :   Ini Cara Lapor IndiHome Bermasalah di Tahun 2022, Gak Pake Lama!

Ya, anda dapat langsung mengklik “Join Meeting” seperti yang telah tersedia di atas. Nantinya, anda akan langsung di arahkan buat mengisi ID meeting supaya bisa langsung bergabung.

Tanpa mempunyai akun, anda sudah bisa.

Cara Memakai Fitur Zoom

Nah, sesudah kita membahas langkah-langkah buat melakukan join instant meeting, sekarang waktunya kita membahas Glints akan paparkan cara memakai fitur-fitur Zoom untuk anda pakai. Sejatinya, Telah terdapat banyak sekali fitur dari Zoom yang akan bisa anda gunakan. Sebagai contoh, buat mengatur meeting online kepada seluruh karyawan atau rekan kerja anda.

Bahkan, dengan memakai aplikasi ini, anda pun akan bisa mengatur ulang jadwal meeting anda secara teratur, merekam video meeting online serta lain sebagainya. Nah, kira-kira, seperti apakah wujud  fitur-fitur Zoom yang akan dapat anda manfaatkan dengan baik? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Mengatur Jadwal Meeting

anda akan dapat  mengatur jadwal meeting dengan memakai Zoom.

Ya, aplikasi ini juga telah menyediakan sebuah fitur penjadwalan meeting yang sangat praktis dan akan dapat di akses oleh seluruh para penggunanya.

Namun perlu di ingat, ketika mengatur jadwal, pastikan waktu rapatnya telah sesuai dengan sebuah jadwal para peserta. Berikut merupakan beberapa cara memakai Zoom buat mengatur jadwal meeting: Langsung saja ikut bergabung ke dalam meeting online Zoom. Sangat menarik bukan?

Tetapi demikian, apabila anda mau mempunyai akun Zoom, anda dapat melakukan sign up terlebih dahulu pada laman yang sama.

  • Buka Zoom lalu buka sign in.
  • Klik sebuah icon kalender.
  • Lalu pilih pengaturan meeting, setelah itu kamu akan di tampilkan dengan layar seperti ini.
  • Aturlah semuanya, di mulai dari topik pembicaraan, tanggal, video, audio dan kalender yang akan kamu pakai nantinya.
  • Sesudah semuanya di atur, anda hanya tinggal klik “Schedule”.

2. Mengatur Ulang Jadwal Meeting

Berikutnya, Saya akan langsung merangkum cara buat memakai fitur dari pengaturan ulang jadwal rapat pada aplikasi Zoom.

  • Buat keperluan yang satu ini,anda perlu memberikan tanda centang pada kolom “Recurring Meeting” seperti pada contoh gambar di atas.
  • Tabel tersebut yang nantinya akan muncul saat anda telah mengeklik “Profile”, setelah itu ke pilihan “Meeting Settings”.
  • Menurut Zapier, di dalam pengaturan ini, anda dapat memperoleh dua manfaat yang telah di sediakan oleh Zoom.
  • Pertama, anda dapat mengumpulkan semua panggilan di dalam satu wadah, lalu nantinya anda akan dapat mengaturnya setiap kali anda mau melakukan meeting online.
  • Kedua, anda bisa mengatur panggilan ulang di dalam satu URL yang sama. Jadi, saat nanti anda mengundang orang lain ataupun peserta, maka anda tak perlu lagi membuat URL yang baru.
Baca Juga :   Cara Menghubungkan Headset Bluetooth Ke HP Semua Ponsel

3. Menjalankan Rapat Tanpa Video

Dengan memakai Zoom, anda juga akan bisa melakukan sebuah rapat tanpa harus memperlihatkan video dan hanya suaranya saja. Cara memakai fitur Zoom yang satu ini cukuplah mudah, anda cuma perlu memilih opsi “start with no video” di beranda. Sesudah memilih opsi tersebut, anda akan bisa memulai meeting dengan sebuah pilihan:

  • Audio conference: meeting tanpa ada video atau membagikan sebuah konten, hanya audio
  • Share screen: berbagi sebuah konten dengan wujud audio, tanpa video
  • Invite others: anda bisa mengundang peserta yang lainnya buat bergabung ke dalam meeting

Mungkin seperti itulah cara menggunakan aplikasi Zoom dengan cara maksimal agar anda bisa mengatur jadwal meeting dan yang lain sebagainya. Bagaimana pengalaman anda saat anda sedang memakai aplikasi Zoom ini buat online meeting? Apakah cukup lancar? Atau justru anda telah menemukan beberapa masalah tertentu?

Jangan khawatir, Sebab anda tidak sendirian. Yuk, mari kunjungi Glints Community, sebab di pandemi covid-19, anda dapat ceritakan keluh dan kesahmu selama anda sedang menjalankan WFH. Di sana, anda juga akan bisa dengar pengalaman sesama para pengguna lainnya.

Itulah yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan Cara Menggunakan Aplikasi Zoom dengan begitu kalian akan  bisa melakukan suatu pekerjaan dan pembelajaran lewat sebuah aplikasi ini dengan secara mudah agar kegiatan dari rumah anda bisa berjalan secara lancar, Itu saja yang bisa saya sampaikan, Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua, Sekian dan terimakasih

No More Posts Available.

No more pages to load.